pengertian komputer

komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

macam-macam Jaringan Komputer

Posted by adjis.kolep On 23.07 0 komentar

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program maupun penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :
Sharing resources :
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
Media Komunikasi :
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
Integrasi Data :
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab itu terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
Pengembangan dan Pemeliharaan :
Pengembangan peralatan dapat dilakukan de-ngan mudah dan menghemat biaya, karena mendesak, diantaranya Upgrade Domain GMF yang sudah “Obsolete” W2000 ke W2008.
Platform :
Istilah “Platform” pada umumnya adalah panggung atau area/alas dasar untuk menjalankan suatu kegiatan, aktivitas atau proses. Dalam pengertian ICT / Computer System, O/S (operating system) Windows merupakan platform atau dasar dari suatu sistem komputer bekerja.
Saat ini O/S di Communication Server GMF yang terbaru adalah W2008 (R2) sedangkan di sisi client atau user adalah Windows XP SP3 (minimal), Windows Vista atau Windows 7. Untuk selanjutnya, kondisi ini menjadi standard minimal yang seharusnya ada di area GMF baik di OSA maupun Cengkareng.
Framework :
Secara umum, “Framework” adalah struktur nyata atau konseptual yang dimaksudkan untuk melayani sebagai pendukung atau panduan untuk membangun sesuatu yang memperluas struktur menjadi sesuatu yang bermanfaat.
Dalam sistem komputer, framework merupakan struktur lapisan yang berisi berbagai jenis program yang harus dibangun sesuai dengan kaidah tertentu serta bagaimana program tersebut saling berhubungan dalam suatu kerangka sistem komputer.
Beberapa contoh adalah “Dot Net Framework”, “Zachman Framework”, “Internet Business Framework” (My SAP.com) dll.

· Comment · Share

Categories:

0 Responses "macam-macam Jaringan Komputer"

Posting Komentar